Monday 26 May 2014

Pernikahan Tanpa Event Organizer



Nikah itu ngapain aja sih? :D
Berikut contoh rundown-nya mudah-mudahan bisa jadi referensi untuk rundown hari bahagiamu :)
NO.
WAKTU
KEGIATAN
PIC (Tulis Nama Pelaksana/ Penanggung Jawab)
1
7:30 - 08.59
AKAD

2

Penghulu dan petugas tiba

3

Pembukaan oleh MC

4

Calon Pengantin Pria (CPP) & rombongan disambut oleh orang tua Calon Pengantin Wanita (CPW)

5

Pengalungan bunga melati oleh ibu CPW

6

CPP & rombongan menempati tempat yang tersedia

7

Sambutan dari perwakilan keluarga CPP (pernyataan maksud kedatangan)

8

Sambutan dari perwakilan keluarga CPW (penerimaan dari keluarga CPW)

9

CPP diapit oleh orang tua CPW diantar menuju tempat akad nikah

10

Seserahan

11

CPP diantar menuju meja akad

12

Pembacaan Quran + saritilawah

13

Khutbah nikah

14

Ijab + qabul

15

CPW masuk ke tempat akad

16

Pembacaan doa

17

Pembacaan ta'lik

18

Penyerahan mas kawin

19

Penandatanganan surat nikah

20
9:00 - 09.29
UPACARA ADAT

21

Mapag panganten

22

Sawer

23

Sungkem

24

Foto

25
9:30 - 10.59
COFFEE BREAK

26

Pengantin ganti busana

27
11:00 - 14:00
RESEPSI

28

Pembukaan

29

Prosesi pengantin tiba di pelaminan

30

Ucapan selamat datang & terima kasih

31

Pembacaan doa

32

Ramah tamah

33

Foto bersama

34

Penutup


Tips pernikahan tanpa EO :
1.      Bentuk tim kepanitiaan
a.       Baca basmallaah sebelum memulai
b.      Tim bisa dari keluarga atau sahabat
c.       Tempatkan orang-orang di bagian dalam tim sesuai dengan tipikal orangnya. Orang yang kepemimpinannya bagus dan tegas (juga jujur) ditempatkan sebagai ketua panitia
d.      Baca hamdallah setelah selesai
2.      Rapat kepanitiaan
a.       Baca basmallaah sebelum memulai
b.      Agendanya bahas tanggung jawab dan wewenang masing-masing. Komunikasikan rundown ini ke tim kepanitiaan, semakin banyak yg hapal, semakin bagus agar saling mengingatkan
c.       Buat checklist hal apa yang harus dilakukan dan peralatan yang harus disiapkan
d.      Baca hamdallah setelah selesai


3.      Tight monitoring saat pelaksanaan
a.       Baca basmallaah sebelum memulai
b.      Pastikan dulu alat komunikasi yang akan digunakan saat koordinasi lapangan :D bagusnya ada semacam handy talky, kalau tidak ada pakai HP saja, pastikan semua anggota tim punya nomor HP anggota lainnya. Kalau mau bagi-bagi rezeki, kasih tunjangan komunikasi bagi masing-masing anggota untuk memperlancar koordinasi bagus juga J
c.       Pastikan masing-masing anggota punya rundown
d.      Pastikan apa yang tertulis di rundown sukses dan hal yang ada di checklist terpenuhi
e.      Ini penting : redam emosi! :D Kalau lagi sibuk gini suka keliatan deh aslinya hehe, bagusnya masukan satu orang dalam tim yang super sabar dan motivator sejati untuk menjaga mood anggota timnya dalam kondisi yang ‘aman’ :D
f.        Baca hamdallah setelah selesai
4.      Evaluasi dan apresiasi
a.        Baca basmallaah sebelum memulai
b.       Jangan lupa mengevaluasi, fokus utamanya adalah bukan mencari kesalahan dan menyalahkan lho, tapi mengapresiasi J Ucapkan rasa terima kasih dengan tulus pada anggota tim, sampaikan semua ini tidak akan sukses tanpa kontribusi mereka dan pertolongan Allaah
c.        Baca hamdallah setelah selesai

No comments:

Post a Comment